Awal kisah...


Ran Online JS 100% diluncurkan pada Sabtu, 17 Januari 2015, tepatnya pukul 12:00 siang.
Ran Online JS 100% dihadirkan untuk mengobati kerinduan pada Ran Online official pertama di Indonesia yg hadir lebih dari 10 tahun lalu.

Pada awal perilisan, awalnya dipenuhi dengan keraguan, bahkan awalnya kami berencana baru akan merilis jika kami membuat grup dan grup tersebut mendapat setidaknya 100 orang bergabung. Setelah kami coba, ternyata tanpa diduga, banyak sekali yg bergabung kedalam grup tersebut, bahkan melebihi target.

Melihat antusiasme yg cukup tinggi, kamipun tidak ingin membuat kecewa, akhirnya kami putuskan untuk menghadirkan kembali Ran Online yg sudah lama mati, original Ran Online yg pertama kali dirilis oleh JS lebih dari 10 tahun lalu, yg biasa disebut Ran Online JS!


Periode Awal...

Ran Online JS 100% menggunakan client asli official Ran Online JS, pemain bisa menggunakan client Ran JS yg dulu jika masih ada di komputernya, bahkan pemain bisa menginstal game ini dengan menggunakan CD Installer official Ran JS yg dulu! Mengapa begitu? Karena Ran Online JS 100% memang menggunakan client official Ran JS sebagai basic atau dasar dari client game ini. Based on true client, that's Ran Online JS 100%!

Tidak hanya dalam hal client. Segala hal lainnya pun sama persis, diantaranya Exp Rate, Item Drop Rate, Gold Rate, dan lain sebagainya. Item-item yg beredar dan drop dari monsterpun sama, questnyapun sama, nama item dan nama monsternyapun sama bahkan bug yg dulu ada di official Ran JS juga ada disini >.<. Tampilan dan fitur didalam gamenya 100% pun sama persis. Semua hal didalam permainan adalah sama seperti dulu, original!

Satu hal yg paling berbeda adalah dalam hal point premium yaitu JP, dimana pada official dulu JP hanya bisa didapat dari pembelian Voucher, sedangkan sekarang bisa kalian dapat secara gratis hanya dengan online terus untuk mengumpulkan Reward Point, untuk kemudian ditukar dengan JP.

Game ini 100% gratis, tidak dipungut biaya apapun. Tidak ada pembelian JP, dan juga tidak ada pembelian paket premium.
Namun saat itu ada peraturan yg wajib untuk ditaati, jika dilanggar maka akan langsung dilakukan pemblokiran secara permanen, yaitu : Dilarang melakukan RMT (Real Money Trade) dalam hal apapun, termasuk Dilarang Jual Beli Gold, Dilarang Jual Beli Equip in Rp, Dilarang Jual Beli Char/ID agar karakter baru dan fresh senantiasa tetap datang, dan kegiatan Jual Beli in Rp lainnya.


Periode Kedua...

Selang cukup lama, beberapa bulan setelahnya. Kami mendengar banyak sekali yg menanyakan tentang paket yg dulu pernah ada di official Ran JS, yaitu Starterpack. Ya, memang benar ada paket tersebut, namun komitmen kami untuk menjaga agar tidak ada penjualan in Rp pada game membuat kami ragu dan dihadapkan pada pilihan rumit, jika tidak dikeluarkan maka sampai kapanpun pemain tidak akan pernah menemui item spesial seperti Hair Style, Hair Color, dan juga 3X Exp Rosary, item-item yg saat itu cukup terkenal di jamannya.

Semakin lama ternyata semakin banyak yg meminta untuk diluncurkan, dan setelah melalui proses pertimbangan yg panjang, akhirnya kami putuskan untuk merilisnya.
Hingga pada April 2015 inilah saat pertama kalinya paket premium diluncurkan.

Pada masa ini komunitas Ran Online JS 100% hanyalah sebuah komunitas kecil, pemainpun hanya berkisar 30-an orang, dan pada saat tertentu seperti saat WG jumlah pemain bisa mencapai 40-an orang.

Meskipun jumlah pemain hanya sedikit, namun kami semua mensyukuri dan bermain dengan penuh suka cita. Tidak pernah ada 1 orangpun yg mengeluh karena sepi. Sebagian besar pemainpun taat pada peraturan. Sebuah komunitas kecil yg hangat dan kompak.

Pada periode ini pula, server baru pertama kali hadir, yaitu dengan nama Akihabara, yg dirilis pada Sabtu, 29 Agustus 2015.
Server baru ini bisa dikatakan adalah sebuah uji coba, karena kami melihat cukup banyak orang yg berminat untuk bergabung, dan untuk menyambut mereka, maka kami berikan sebuah tantangan dengan server baru, dimana di server baru ini semua dari 0, tidak ada yg membantu.
Tanpa diduga, ternyata antusiasme pemain baru cukup tinggi. Cukup banyak pemain baru yg bergabung.

Secara perlahan, komunitas Ran Online JS 100% semakin besar, semakin dikenal, dan semakin dijangkau.

Pada Desember 2015, sama kisahnya seperti paket premium, banyak sekali pemain yg menginginkan cara lebih mudah untuk mendapatkan JP, karena jika harus online terus untuk mengumpulkan Reward Point dirasa cukup sulit oleh pemain yg memiliki banyak aktifitas real seperti sekolah, kuliah maupun bekerja.
Pemainpun meminta untuk disediakan pengisian JP dengan cara membelinya secara langsung. Permintaan ini sebenarnya sudah lama sekali datang, namun kami terus menolak.
Hingga akhirnya permintaan semakin tinggi dan seluruh pemain tidak keberatan jika memang JP bisa dibeli, maka pada Desember 2015 ini kami putuskan untuk menyediakan pengisian JP secara langsung (TopUp).

Setelah JP dapat dibeli, maka kamipun memutuskan untuk merevisi peraturan, pelarangan Jual Beli Gold dan Jual Beli Equip in Rp dihapus, mulai saat inilah pemain diperbolehkan melakukan jual beli gold maupun equip dengan uang asli (namun pelarangan Jual Beli ID/Char tetap ada, karena ini berkaitan erat dengan pertumbuhan karakter baru yg fresh sebagai penerus, dan sanksi tegas tetap diberikan jika melanggar).


Periode Ketiga...

Pada awal periode ini, hadir sebuah server baru dengan nama Saitama. Server baru ini bisa dikatakan sebagai server baru yg paling sukses, pemain yg bergabung sangat banyak, bahkan jumlah pemainnya tidak kalah dengan jumlah pemain Harajuku saat itu, terbukti ketika digabungkan server mengalami overload, pemainpun kesulitan untuk melakukan levelling lantaran hampir semua spot hunt penuh.
Terjadilah sebuah dilema, disatu sisi pemain senang karena impian agar game tercinta ini ramai akhirnya terwujud, di sisi lain levelling menjadi sangat sulit, dimana sebelumnya jumlah pemain tidak terlalu banyak, tiba-tiba setelah server digabung seperti kebanjiran. Akhirnya tidak sedikit pemain yg mengeluh karena terlalu ramai. Ternyata terlalu ramai juga nggak enak ya? :)

Pada pertengahan periode ini, tepatnya Juli 2016, game mendapatkan sebuah update besar, yaitu Update Episode 9.
Update ini sebenarnya terpaksa dilakukan karena alasan keamanan, dimana episode yg lama cukup rentan terhadap masalah dan juga serangan dari luar, hingga akhirnya kita putuskan untuk meningkatkannya.
Selain itu, alasan lain dilakukan update episode adalah karena meski bagaimanapun, kita harus terus maju, tidak mungkin juga selamanya Ran Online JS 100% akan seperti ini terus, dan kami berfikir bahwa sudah saatnya melakukan update.

Adapun perubahan episode ini mengakibatkan perubahan pada sebagian besar tampilan, seperti halaman inventori, halaman skill, dan lain sebagainya, selain itu fitur-fitur baru juga hadir, seperti klik kanan mouse untuk meng-equip item, dan sebagainya.

Kalaupun official Ran JS yg dulu masih ada, tidak mungkin kan mereka masih seperti itu-itu saja sampai sekarang? :)


Generasi Penerus...



Fitur baru yaitu Item Link, dan juga fitur pertempuran baru yaitu Club Death Match hadir pada periode ini, tepatnya Maret 2017.
Club Death Match disini berbeda dengan Ran Private lainnya, karena disini seluruh fiturnya berjalan dengan baik, termasuk juga adanya Safezone seperti di official.

Itulah berbagai kisah, pengalaman, dan berbagai catatan penting tentang kisah Ran Online JS 100%.

Ini belum selesai...
Kisah masih panjang...

Ayo segera bergabung dan jadilah bagian dari perjalanan kisah Ran Online JS 100%!


Bagikan berita ini melalui tombol "Bagikan" dibawah.
Memiliki komentar atau pertanyakan? Tuliskan melalui fitur komentar dibawah.

Spacing


Spacing